CONTOH KISI-KISI SOAL TRYOUT BAHASA INGGRIS SMK
TAHUN
PELAJARAN 2015/2016
Jenis Sekolah : SMK
Mata Pelajaran : Bahasa
Inggris (READING)
Program Studi : Semua Jurusan
Kurikulum : Irisan
KTSP & Kurtilas
Jumlah
Soal : 35
Bentuk
Soal : Pilihan Ganda
Paket : Semua Paket
No
|
Kompetensi
Dasar
|
Bahan
Kls/Smtr
|
Materi
|
Indikator
|
No
Soal
|
1
|
3.1. Menganalisis fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan menawarkan jasa dan
responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya.
|
XII/1
|
INCOMPLETE
DIALOG
Offering
(help/things)
|
Disajikan sebuah
percakapan rumpang yang mengungkapkan suatu penawaran (bantuan), disertai empat pilihan jawaban,
siswa dapat memilih kalimat/ frasa
yang sesuai dengan konteks.
|
16
|
2
|
3.1. Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan dari teks pemaparan jati diri, sesuai dengan konteks
penggunaannya.
|
X/1
|
Present
Tense (Daily Activities)
|
Disajikan sebuah
percakapan rumpang yang mengungkapkan kegiatan sehari-hari, disertai empat pilihan jawaban,
siswa dapat memilih kalimat/ frasa
yang sesuai dengan konteks.
|
17
|
3
|
3.1. Menganalisis
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan memberi
saran dan tawaran, serta responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya
|
XI/1
|
Asking
for/giving suggestion
|
Disajikan sebuah
percakapan rumpang yang mengungkapkan permohonan/pemberian saran, disertai empat pilihan jawaban,
siswa dapat memilih kalimat/ frasa
yang sesuai dengan konteks.
|
18
|
4
|
3.2. Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan pada ungkapan menyatakan pendapat dan pikiran, sesuai dengan
konteks penggunaannya.
|
XI/1
|
Agreement/ Disagreement
|
Disajikan sebuah
percakapan rumpang yang mengungkapkan persetujuan/ketidaksetujuan, disertai empat
pilihan jawaban, siswa dapat memilih kalimat/frasa yang sesuai dengan
konteks.
|
19
|
5
|
3.2. Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan pada ungkapan menyatakan pendapat dan pikiran, sesuai dengan
konteks penggunaannya.
|
XI/1
|
Opinion
|
Disajikan sebuah
percakapan rumpang yang mengungkapkan pendapat, disertai empat pilihan jawaban,
siswa dapat memilih kalimat/frasa yang sesuai dengan konteks.
|
20
|
6
|
3.7. Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan untuk menyatakan dan menanyakan tentang
tindakan/kegiatan/kejadian tanpa perlu menyebutkan pelakunya dalam teks
ilmiah, sesuai dengan konteks penggunaannya.
|
XI/2
|
Passive
Voice (Present/Past)
|
Disajikan sebuah percakapan rumpang
tentang kegiatan yang tanpa perlu menyebutkan pelakunya, disertai empat pilihan jawaban, siswa
dapat memilih kalimat/frasa yang sesuai dengan konteks.
|
21
|
7
|
3.7.
Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada pernyataan dan pertanyaan tentang keharusan dan
responnya,
sesuai dengan konteks penggunaannya.
|
XII/2
|
Expressing Command and Request
|
Disajikan sebuah
percakapan rumpang yang mengungkapkan kebutuhan/kewajiban/keharusan, disertai
empat pilihan jawaban, siswa dapat memilih kalimat/frasa yang seusai dengan
konteks.
|
22
|
8
|
3.7. Menganalisis fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan untuk menyatakan dan menanyakan tentang niat melakukan sesuatu, sesuai dengan
konteks penggunaannya
|
X/1
|
Talking about Future Plans and
Activities
|
Disajikan sebuah
percakapan rumpang yang mengungkapkan suatu rencana, disertai empat pilihan
jawaban, siswa dapat memilih satu
kalimat/frasa yang sesuai dengan konteks.
|
23
|
9
|
3.2.Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks
pemaparan jati diri, sesuai dengan konteks penggunaannya.
|
X/1
|
On-going
events
|
Disajikan sebuah
percakapan rumpang yang mengungkapkan kegiatan sedang berlangsung, disertai empat pilihan jawaban,
siswa dapat memilih kalimat/ frasa
yang sesuai dengan konteks.
|
24
|
10
|
3.7. Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan pada pernyataan dan pertanyaan tindakan/ kejadian yang
dilakukan/terjadi di waktu lampau yang merujuk waktu terjadinya dengan yang
merujuk pada kesudahannya, sesuai dengan konteks penggunaannya.
|
XI
/ 1
|
Talking about Past Events
|
Disajikan sebuah
percakapan rumpang yang mengungkapkan kegiatan di masa lampau, disertai empat
pilihan jawaban, siswa dapat memilih kalimat/frasa yang sesuai dengan
konteks.
|
25
|
11
|
3.3.Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks
pemaparan jati diri, sesuai dengan konteks penggunaannya.
|
X/1
|
Gerund
|
Disajikan sebuah
percakapan rumpang yang mengungkapkan kegiatan sehari-hari, disertai empat pilihan jawaban,
siswa dapat memilih kalimat/ frasa
yang sesuai dengan konteks.
|
26
|
12
|
3.7.
Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada pernyataan dan pertanyaan tentang keharusan dan
responnya,
sesuai dengan konteks penggunaannya.
|
XII/2
|
Preference
|
Disajikan sebuah
percakapan rumpang yang mengungkapkan kebutuhan/kewajiban/keharusan, disertai
empat pilihan jawaban, siswa dapat memilih kalimat/frasa yang seusai dengan
konteks.
|
27
|
13
|
4.4 Menangkap makna teks
undangan resmi.
|
XI
/ 1
|
TEXT
DIALOG
Invitation
|
Disajikan
sebuah dialog tentang sebuah undangan disertai 4 pilihan jawaban, siswa dapat
menentukan informasi rinci dari dialog tersebut.
|
28
|
14
|
3.4. Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan dari teks pemaparan jati diri, sesuai dengan konteks
penggunaannya.
|
X/1
|
Profession
|
Disajikan sebuah dialog
tentang pekerjaan/profesi,
disertai empat pilihan jawaban, siswa dapat menentukan informasi tersirat
dari dialog tersebut.
|
29
|
15
|
3.5.Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks
pemaparan jati diri, sesuai dengan konteks penggunaannya.
|
X/1
|
Daily
Activity
|
Disajikan sebuah dialog
tentang kegiatan sehari-hari, disertai empat pilihan jawaban, siswa dapat menentukan
informasi rinci dari diaog tersebut.
|
30
|
16
|
4.13. Menangkap makna dalam teks berita sederhana dari
koran/radio/TV.
|
XII/2
|
READING
COMPREHENSION
News item
(Top issues)
|
Disajikan sebuah teks berita
terkini tentang teknologi/ekonomi/travel/budaya (3-4 paragraf), diikuti 2 soal dengan 4 pilihan jawaban,
siswa dapat menentukan:
- pikiran
utama paragraf dalam teks
- informasi
rinci dalam teks
|
31
32
|
17
|
4.15. Menangkap makna dalam teks prosedur lisan dan tulis berbentuk resep
|
XII/2
|
Describing process
|
Disajikan sebuah teks
prosedur yang mengungkapkan cara pengoperasian sebuah alat di
kantor/industri (± 40-50 kata, 8-10
langkah), diikuti 2
soal dengan 4 pilihan jawaban, siswa dapat menentukan:
- informasi
tertentu dalam
teks
- informasi
tersirat dalam teks
|
33
34
|
18
|
4.10.Menyusun
teks deskriptif lisan dan tulis sederhana tentang orang, tempat wisata, dan
bangunan bersejarah terkenal, dengan memperhatikan tujuan, struktur teks, dan
unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai dengan konteks.
|
X
/ 2
|
Describing things (Company Profile)
|
Disajikan sebuah teks
deskriptif yang mengungkapkan profil perusahaan (± 40-50 kata, 2-3
paragraf), diikuti 3
soal dengan 4 pilihan jawaban, siswa dapat menentukan:
- informasi
rinci dalam teks
- informasi
tertentu dalam
teks
- informasi
tersirat dalam teks
|
35
36
37
|
19
|
4.10. Menyusun teks deskriptif lisan dan tulis
sederhana tentang orang, tempat wisata, dan bangunan bersejarah terkenal,
dengan memperhatikan tujuan, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara
benar dan sesuai dengan konteks.
|
X
/ 2
|
Describing things (International business people)
|
Disajikan sebuah teks
deskriptif yang mengungkapkan tokoh bisnis internasional (± 40-50
kata, 2-3 paragraf),
diikuti 2 soal dengan 4 pilihan jawaban, siswa dapat menentukan:
- pikiran
utama paragraf dalam teks
- informasi
tersirat dalam teks
|
38
39
|
20
|
4.11. Menangkap makna pemberitahuan (announcement).
|
X
/ 2
|
Describing things (Announcement)
|
Disajikan sebuah teks
deskriptif yang mengungkapkan pengumumuan (± 40-50 kata, 2-3
paragraf), diikuti 2
soal dengan 4 pilihan jawaban, siswa dapat menentukan:
- informasi
rinci dalam teks
- informasi
tersirat dalam teks
|
40
41
|
22
|
3.4. Menganalisis fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks khusus, lisan dan
tulis, berbentuk surat lamaran kerja
|
XII/1
|
CLOSE-TEST
Business Letters (application/memo)
|
Disajikan teks
rumpang tentang surat bisnis berbentuk surat lamaran kerja / memo (30-50 kata) dengan 4 pilihan jawaban,
siswa dapat menentukan kosa kata yang tepat sesuai konteks yang berkaitan
dengan penggunaan:
-
kata sifat
-
kata kerja
-
kata keterangan
|
42
43
44
|
23
|
3.6.Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan dari teks pemberitahuan (announcement),
sesuai dengan konteks penggunaannya.
|
X/2
|
Announcement
|
Disajikan teks
rumpang tentang sebuah pengumuman (30-50
kata) dengan 4 pilihan jawaban, siswa dapat menentukan kosa kata yang tepat
sesuai konteks yang berkaitan dengan penggunaan:
-
kata kerja
-
kata sifat
-
kata keterangan
|
45
46
47
|
24
|
3.7.Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks
deskriptif sederhana tentang orang, tempat wisata, dan bangunan bersejarah
terkenal, sesuai dengan konteks penggunaannya.
|
X/2
|
Advertisement (Tourism)
|
Disajikan teks
rumpang (tidak lengkap) tentang sebuah iklan/brosur pariwisata
singkat (30-50 kata) dengan 4 pilihan jawaban,
siswa dapat menentukan kosa kata yang tepat sesuai konteks yang berkaitan
dengan penggunaan:
-
kata ganti
-
kata sifat
-
kata keterangan
|
48
49
50
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar