RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMK Texmaco Pemalang
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/ Semester : X / 1
Materi Pokok : Giving Sympathies
Alokasi Waktu : 2x45
A. Kompetensi
Inti
1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama
yang dianutnya
2 :Menghayati dan mengamalkan perilaku
jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran,
damai), santun, responsif dan
pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai
bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia
3 : Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah.
4 : Mengolah, menalar, dan menyaji
dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari
yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B. Kompetensi
Dasar dan Indikator
Kompetensi Dasar
|
Indikator pencapaian
kompetensi
|
1.1 Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
|
2.1. Mengembangkan
perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi antar pribadi dengan
guru dan teman.
2.2. Mengembangkan perilaku jujur, disiplin,
percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi
transaksional dengan guru dan teman.
1.3.
Mengembangkan
perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam
melaksanakan komunikasi fungsional.
|
-
Memberi dan menjawab salam
yang diberikan guru dan teman dengan baik.
-
-
Terlibat aktif dalam pembelajaran “giving symphaty ”
-
Percaya diri dalam
menerapkan dan merespond expresi “giving symphaty ”secara lisan
-
Bekerjasama dalam kegiatan
berkelompok
-
|
3.1
Menganalisis
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan simpati,
serta responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya.
|
Menemukan ungkapan yang
tepat yang digunakan untuk memberikan simpati kepada seseorang
Menerapkan ungkapan yang
tepat untuk memberikan simpati kepada seseorang
|
4.1
Menyusun
teks lisan dan tulis untuk mengucapkan dan merespon ungkapan simpati, dengan
memperhatikan fungsisosial,
struktur teks, dan unsure kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
|
Menggunakan ungkapan yang
tepat untuk merespon dialog “giving symphaty”
Menggunakan struktur teks
yang tepat dalam menyusun dialog giving
symphaty
Mendemonstrasikan dialog giving
symphaty dengan ungkapan, intonasi dan pengucapan yang tepat
|
C. Tujuan Pembelajaran
1.
Siswa dapat menggunakan ungkapan yang tepat untuk memberikan perhatian atau
simpati dan meresponnya dalam dialog giving symphaty
2.
Siswa dapat menggunakan struktur teks yang tepat dalam menyusun dialog giving
symphaty
3.
Siswa dapat mendemonstrasikan dialog giving symphaty dengan ungkapan,
intonasi dan pengucapan yang tepat
4. Siswa dapat menerapkan ungkapan giving
symphaty dalam kehidupan sehari-hari.
D. Materi
v DIALOGUES
A
good Thing
Vero : I heard that you get the first prize for the
English speech contest. Congratulations.
Nuno: Thank you very
much.
Cika : Congratulations, Nuno. I am so happy to hear that.
Beny: Bravo,
Nuno. You’re great in the speech contest.
Nuno: Thanks
a lot, friends.
A bad thing
Nana : Hello Deni, how
are you?
Deni : Hi Nana, unfortunately I am not quite well.
Nana: Yes,
you look so sad. What’s the matter?
Deni : My father has been hospitalized for a week and he hasn’t
improved his condition.
Nana: I am
sorry to hear that, what kind of illness is the suffering from?
Deni : He suffers from heart attack.
Nana: You
have my sympathy. I hope he will get well soon.
Deni : Thank you so much.
Expressing
sympathy to someone who has just achieved a good thing
These expressions are
used when someone hear good news
I
am happy to hear that
I’m
glad to hear that
That’s
sounds good
How
terrific!
- Congratulation
on . . .
- Well
done.
- Best
wishes for you.
- Many
happy returns to you.
- I’m
happy to hear that.
These expressions are used
when someone hear bad news
I’m
sorry to hear that
Please
accept my condolences. (used when someone close to another has died)
That's so sad. I hope things get better soon. I hope you feel better soon. |
|
|
|
That’s
|
ashamed.
a
pity.
too
bad.
|
How
|
awful.
terrible.
|
What
|
a
pity.
a
nuisance.
|
E.
Model/Metode Pembelajaran
1.
Pendekatan: scientific
2.
Strategi: observe – practice.
3.
Metode: Inquiry/Experiencial learning.
F.
Alat/Media/Sumber Pembelajaran
a. Lembar Kerja
b. Lembar Penilaian
c. Laptop dan Infocus
d. Slide and Film
Sumber
Pembelajaran
a. Kamus manual dan elektronik
b. Buku Bahasa Inggris yang relevan
G. Kegiatan
Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Guru masuk ke kelas dan
langsung menyapa menggunakan bahasa Inggris agar English Environment dapat
langsung tercipta di pertemuan pertama.
2.
Guru mengisi agenda mengajar
dan mengabsen siswa.
3.
Guru memberikan pertanyaan
berupa materi yang sudah disampaikan sebelumnya.
4.
Guru menyampaikan tujuan dan
manfaat pembelajaran
|
10menit
|
Kegiatan
Inti
|
Mengamati
·
Siswa melakukan pengamatan video
tentang “Giving Symphati" selanjutnya menganalisis beberapa kejadian dan
ungkapan yang digunakan dalam video tersebut.
·
Siswa menuliskan dialog giving symphati berupa
menjawab dialog giving symphati dengan memperhatikan isi teks, fungsi sosial,
struktur teks, unsur kebahasaan, maupun format penyampaian/penulisannya.
·
Siswa menuliskan kejadian
baik atau kejadian buruk yang telah
dialami dalam waktu sepekan terakhir dalam potongan kertas kecil.
·
Guru mengumpulkan kertas
yang tertulis kejadian yang mereka alami.
·
Guru membaca setiap kertas
dan memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengamati dan memberi respond
dari tulisan temannya.
·
Guru menampilkan beberapa ungkapan
dan melengkapinya dengan kata-kata yang sudah dimiliki siswa.
Menanya
·
Siswa diberi kesempatan untuk mengajukan pertanyaan
yang terkait dengan ungkapan yang digunakan dalam dialog giving symphati.
Menalar
·
Siswa membuat dialog secara berpasangan
·
Selama siswa bekerja di dalam pasangan, guru
memperhatikan dan mendorong siswa semua untuk terlibat dalam diskusi.
·
Setiap pasangan menukarkan hasil dialognya kepada
kelompok pasangan lainnya untuk menilai.
·
Guru mengumpulkan hasil penilaian kelompok pasangan.
·
Siswa mengerjakan soal secara giving symphati secara
individu
Jejaring
·
Siswa mendemonstrasikan penggunaan giving symphati secara
lisan dan tertulis di kelas dengan memperhatikan fungsi sosial, ungkapan, dan
unsur kebahasaan yang benar dan sesuai dengan konteks
·
Siswa diberi tugas menuliskan dialog giving symphati
dan mengirimkannya ke email guru.
·
Siswa diberi tugas merekam dialog dengan
situasional.
|
70 menit
|
Penutup
|
1.
Guru memberikan pertanyaan untuk mengetahui apakah
siswa sudah memahami topik tentang ungkapan-ungkapan giving
symphati dalam
dialog dan video .
2.
Siswa diminta membuat kesimpulan pembelajaran pada
pertemuan ini.
3.
Siswa diberi tugas untuk membaca berbagai sumber,
mencatat, mengerjakan latihan unsur-unsur bahasa yang sudah diterangkan.
|
10 menit
|
A.
Penilaian
1.
Teknik Penilaian : Pengamatan
dan Tes tertulis
2. Instrumen
Penilaian
a. Pengamatan
Lembar pengamatan sikap dan lembar pengamatan Ketrampilan
( terlampir )
b. Tes
tertulis
Part A: Do in pairs, make short dialogues about
giving sympathies and perform it in front of the class
Part B: Complete
the following short dialogues using the corect word or expressions provided.
a. I am sorry too hear that. It was such a good chance.
b. It is great to hear about the opening of your store.
c. Congratulations for that opportunity.
d. I am sorry to hear that.
e. Please send her my congratulations.
|
1.
A :
..............
B : Thank you. Please come to my store
and have a look.
A : I sure will.
2.
A : Your
sister gets a scholarship to study tourism in Australia, right?
B :
Yes, that’s true.
A :
..............
B :
Yes, I will
3.
A : Tora
told me that you have just been hospitalized for a week.
B : Yes,
that’s right.
A : .......... How do you feel now?
B : I have recovered now. Thank you.
4.
A : I thought you were in South Korea now. Someone told me
that your company sent you to have one-onth training there.
B:
Yes, that’s right. Unfortunately there is an important work I have to handle
and the boss asks me not to leave.
A :
...................
5.
B : Yes, that’s right. But my boss said that he will send
me another time.
A :
....................
Part C
6.
Dona : Have
you heard the bad news about Edi?
Susan : What happened to him?
Dona : He got an accident yesterday, he broke his legs.
Susan : ...............
a. I’m
really sad. c
I’m happy to hear that
b. I’m
sorry to hear that d.
I’m terrible sorry for you.
7.
Agus : Hi, Dina.
I haven’t seen you for a long time. Where have you been?
Dina : I’ve been in Malang. I’ve got a good job.
Agus : Really? ............
a. Oh,
my God c. Good for you
b. What
a pity d. I’m
sorry to hear that
8.
Teacher : Ami, why
didn’t you come to school yesterday?
Ami : I’m sorry Sir, but I had to take my
mother to the hospital. She was terribly sick.
Teacher : Oh, ........................
a. That
is a good reason c. I’m sorry to hear that
b. That’s
okay. d. Congratulations.
9.
A : I immediately
call you after I heard that your mother is hospitalized...........
B : Thank you.
A : I hope she will get better soon.
B : Thank you. I hope so.
a. I am so sorry to hear that. And I
am really sorry because I couldn’t visit her.
b. I am happy
to be here.
c. I am happy
to hear that.
d. Pity on you.
10. A : Cindy is hospitalized because of food
poisoning.
B : ............ Let’s visit her.
A : That’s a good idea.
a. Poor you c. Poor
her
b. Pity on you d. I am sorry to hear it from you.
Kunci
Jawaban
1.
B 2. E 3.D 4.C 5.A 6. C 7.C 8. C 9.A 10. C
Penilaian : Bagian B: (Jumlah
Benar) X10= 100
Mengetahui Pemalang, Oktober 2013
Kepala SMK Texmaco
Pemalang Guru
Mapel
Marzuki, ST Noor
Ita Yulinda, S.Pd.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar