Minggu, 11 Oktober 2015

RPP PEMAPARAN JATI DIRI KURTILAS



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                                   : SMK Texmaco Pemalang
Mata Pelajaran                        : Bahasa Inggris
Kelas/ Semester                       : X / 1
Materi Pokok                          : Introducing Oneself and Others.
Alokasi Waktu                        : 4x45

A.    Kompetensi Inti
1 : Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya
2 :Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),  santun, responsif dan pro-aktif  dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3 : Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4 : Mengolah, menalar,  dan menyaji  dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu  menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator

Kompetensi Dasar
Indikator pencapaian kompetensi
1.1 Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya


2.1.  Mengembangkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi antar pribadi dengan guru dan teman.
2.2.  Mengembangkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
2.3.  Mengembangkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional.
-                 Memberi dan menjawab salam yang diberikan guru dan teman dengan baik.
-                  
-                 Terlibat aktif  dalam pembelajaran “Introducing oneself and others ”

-                 Percaya diri dalam menerapkan dan merespond expresi “Introducing oneself and others ” secara lisan

-                 Bekerjasama dalam kegiatan berkelompok
-                  
3.1      Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks pemaparan jati diri, sesuai dengan konteks penggunaannya.

Menemukan ungkapan yang tepat yang digunakan untuk memaparan jati diri.
Menerapkan ungkapan yang tepat untuk menerapkan jati diri secara lisan


4.1    Menangkap makna pemaparan jati diri lisan dan tulis.

4.2    Menyusun teks lisan dan tulis untuk memaparkan, menanyakan, dan merespon pemaparan jati diri, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.

Menggunakan ungkapan yang tepat untuk merespon dialog pemaparan jati diri

Menggunakan struktur teks yang tepat (simple present tense dan modal pronouns)  dalam menyusun  teks pemaparan jati diri
Membuat dialog pemaparan jati diri dengan ungkapan dan struktur teks yang tepat
Mendemonstrasikan dialog pemaparan jati diri dengan ungkapan, intonasi dan pengucapan yang tepat 

A.    Tujuan Pembelajaran
Pertemuan 1
1.    Menggunakan ungkapan yang tepat untuk merespon dialog pemaparan jati diri
2.    Menggunakan struktur teks yang tepat (simple present tense dan modal pronouns) dalam menyusun  teks pemaparan jati diri tertulis
3.    Mendemonstrasikan dialog pemaparan jati diri dengan ungkapan, intonasi dan pengucapan yang tepat 
4.    Menerapkan ungkapan dalam menanyakan atau merespon pemaparan jati diri dalam kehidupan sehari-hari.

Pertemuan 2:
1.    Siswa dapat merespon makna   ungkapan-ungkapan pemaparan jati diri dengan benar dari teks yang diberikan melalui kegiatan diskusi kelompok.
2.    Siswa dapat menyimpulkan makna  ungkapan-ungkapan pemaparan jati diri dengan benar dari teks yang diberikan melalui kegiatan diskusi kelompok.
3.    Siswa dapat menyusun percakapan / teks monolog tentang pemaparan jati diri dengan benar melalui kegiatan penugasan individu.
4.    Siswa dapat memperagakan percakapan tentang  ungkapan-ungkapan pemaparan jati diri dengan benar melalui kegiatan “role play”.
5.    Siswa dapat menulis teks monolog tentang  pemaparan jati diri dengan benar melalui kegiatan “presentasi individu”.

C.     Materi

Ungkapan
1.    Ungkapan sapaan:
A.    Sam     : Hello, what is your name?
Jane      : Hi! My name is jane, What’s yours?
Sam      : Sam
Jane      : it’s nice to meet you, sam.
Sam      : Thanks.

B.     Riki                       : Good morning.Roni.
Roni                         : Good morning.
Riki                          : Roni, may I introduce you to Miss Adams.
  Miss. Adams           :  How do you do, Roni.
Roni                        : How do you do, Miss Adams.
Miss. Adam            : Where do live ?
Roni                        :  In Ciamis. How are you Mss Adams?
Miss Adam             : Im a secretary of compnay.
                                  Are you student?

Roni                        : Yes, Im a student of university?
Miss Adam             :  Do you have hanphone number?
Roni                        : No, I dont. And you?
Miss Adam             : Yes, This is 081 334 457 876
Roni                        : Ok. Thanks, Mss Adam.
Miss Adam             : Your welcome
Roni                        : See you.
Miss. Adam            : See you later.

X
Y
X
Y
X and Y
X and y
X
Greeting
Responding greeting
Asking about health
Responding asking about health
Asking each other about identity for example: (name, address, place and date of birthday (age), hobby, favorite food and color, occupation/profession, handphone number.
Asking each other about family (father and mother’s name, their profession, total sister and brothers, dll
Responding each other about identity and family
Saying ‘leave taking’/GOODBYE

D.    Model/Metode Pembelajaran
1.   Pendekatan: scientific
2.   Strategi: observe – practice.
3.   Metode: Inquiry/Experiencial learning.

E.     Alat/Media/Sumber Pembelajaran
a. Lembar Kerja
b. Lembar Penilaian
c. Laptop dan Infocus
d. Slide and Film
Sumber Pembelajaran
a. Kamus manual dan elektronik
b. Buku Bahasa Inggris yang relevan

  Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
   Guru masuk ke kelas dan langsung menyapa menggunakan bahasa Inggris agar English Environment dapat langsung tercipta di pertemuan pertama.
   Guru dapat menggunakan kalimat “Good morning, students”.
   Pastikan peserta didik merespon dengan menjawab kembali “Good morning, Teacher/ Sir/Mam”.
   Jika peserta didik belum merespon, jangan dulu melanjutkan pelajaran.
   Jika memungkinkan, guru dapat bertanya ke beberapa anak secara individual untuk memastikan bahwa peserta didik dapat merespon perkataan guru.
Guru mengisi agenda mengajar dan mengabsen siswa.
Guru memberikan pertanyaan berupa materi yang sudah disampaikan sebelumnya.
Guru menyampaikan tujuan dan manfaat pembelajaran
10menit
Kegiatan Inti
a.       Mengamati

     Siswa melakukan pengamatan monologue tentang pemaparan jati diri yang dilakukan oleh guru.
·      Guru mengulanginya berkali-kali, dan secara interaktif mengajak siswa untuk mengamati secara jelas, kalimat demi kalimat, isi pesan dan unsur kebahasaan yang digunakan dalam memaparkan dan menanyakan  jati diri.
·      Siswa menirukan guru mengatakan setiap kalimat.
b.      Menanya
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa menanyakan dan mempertanyakan antara lain tentang perbedaan antara ungkapan memaparkan dan menanyakan  jati diri dalam bahasa Inggris dan dalam bahasa Indonesia, kemungkinan menggunakan ungkapan lain, dsb.
c.       Mencoba
·      Siswa mengikuti dan menirukan contoh-contoh interaksi memaparkan dan menanyakan  jati diri dengan ucapan, tekanan kata, intonasi, dan sikap yang benar.
·      Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mengidentifikasi ciri-ciri (fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan) interaksi memaparkan dan menanyakan  jati diri.
·      Secara kolaboratif, siswa berusaha menggunakan bahasa Inggris untuk memaparkan jati diri dalam konteks pembelajaran, simulasi, role-play, dan kegiatan lain yang terstruktur.

d.      Mengasosiasi
·      Siswa membandingkan ungkapan untuk memaparkan dan menanyakan  diri yang telah dikumpulkan dari berbagai sumber tersebut di atas.
·      Siswa membandingkan antara ungkapan untuk memaparkan dan menanyakan  diri yang telah dipelajari  tersebut di atas dengan yang ada di sumber-sumber lain, atau dengan yang digunakan dalam bahasa lain.
·      Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang fungsi sosial dan unsur kebahasaan yang digunakan.
Mengkomunikasikan
·      Siswa menggunakan bahasa Inggris untuk saling memaparkan jati diri agar saling mengenal secara lebih dekat dengan teman kelompoknya yang sebelumnya telah dibentuk oleh guru
·      Siswa berupaya berbicara secara lancar dengan ucapan, tekanan kata, intonasi yang benar dan menulis dengan ejaan dan tanda baca yang benar, serta tulisan yang jelas dan rapi.
·       Siswa menuliskan dialog jati diri berupa menjawab dialog pemaparan jati diri dengan memperhatikan isi teks, fungsi sosial, struktur teks, unsur kebahasaan, maupun format penyampaian/penulisannya.
  Siswa secara bergiliran menjawab hasil kerjanya.












70 menit
Penutup
   Guru memberikan pertanyaan untuk mengetahui apakah siswa sudah memahami topik tentang ungkapan-ungkapan menyapa dalam dialog tentang jati diri.
   Siswa diminta membuat kesimpulan pembelajaran pada pertemuan ini.
      Siswa diberi tugas untuk membaca berbagai sumber, mencatat, mengerjakan latihan unsur-unsur bahasa yang sudah diterangkan.
10 menit

Pertemuan 2

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
   Guru masuk ke kelas dan langsung menyapa menggunakan bahasa Inggris agar English Environment dapat langsung tercipta di pertemuan pertama.
   Guru dapat menggunakan kalimat “Good morning, students”.
   Pastikan peserta didik merespon dengan menjawab kembali “Good morning, Teacher/ Sir/Mam”.
   Jika peserta didik belum merespon, jangan dulu melanjutkan pelajaran.
   Jika memungkinkan, guru dapat bertanya ke beberapa anak secara individual untuk memastikan bahwa peserta didik dapat merespon perkataan guru.
Guru mengisi agenda mengajar dan mengabsen siswa.
Guru memberikan pertanyaan berupa materi yang sudah disampaikan sebelumnya.
Guru menyampaikan tujuan dan manfaat pembelajaran
10menit
Kegiatan Inti
a.       Mengamati
Siswa mengamati text tentang pemaparan jati diri

b.      Menanya
    Siswa diberi kesempatan untuk mengajukan pertanyaan yang terkait dengan ungkapan yang digunakan dalam  text dialog merespon jati diri.
  Siswa diarahkan untuk mengajukan pertanyaan tentang penggunaan Simple Present tense

c.     Menalar
     Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok dengan tiap kelompok terdiri dari 4 orang.
     Tiap kelompok diberi lembar kerja bentuk format yang berisi tentang jati diri untuk menuliskan pertanyaan singkat(short answer) dan pertanyaan panjang(long answer).
     Selama siswa bekerja di dalam kelompok, guru memperhatikan dan mendorong siswa semua untuk terlibat dalam diskusi.
      Setiap kelompok menukarkan hasil diskusi kepada kelompok lainnya untuk menilai.
      Guru mengumpulkan hasil penilaian kelompok.

d.    Mengkomunikasikan
      Siswa mendemonstrasikan penggunaan pemaparan jati diri secara lisan dan tertulis di kelas dengan memperhatikan fungsi sosial, ungkapan, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai dengan konteks
   Siswa diberi tugas menuliskan pemaparkan jati diri dan mengirimkannya ke email guru.
   Siswa diberi tugas merekam dialog dengan situasional.
   Siswa diberi kesempatan untuk mengajukan pertanyaan yang terkait dengan ungkapan yang digunakan dalam dialog merespon jati diri.












70 menit
Penutup
   Guru memberikan pertanyaan untuk mengetahui apakah siswa sudah memahami topik tentang ungkapan-ungkapan menyapa dalam dialog tentang jati diri.
   Siswa diminta membuat kesimpulan pembelajaran pada pertemuan ini.
      Siswa diberi tugas untuk membaca berbagai sumber, mencatat, mengerjakan latihan unsur-unsur bahasa yang sudah diterangkan.
10 menit


F.      Penilaian
1.      Teknik Penilaian      : Pengamatan dan Tes tertulis
2.      Instrumen Penilaian
a.   Pengamatan
Lembar pengamatan sikap dan lembar pengamatan Ketrampilan
( terlampir )
b.         Tes tertulis
EXERCISE     

Match the situations in column A, with the proper expressions in column B.
Activity 10 Work with your partner to discuss about the answers for the questions below.
A
B

1. You greet your teacher at 1 p.m.
2. Lita meets an old friend.
3. A teacher greets her students.
4. Someone opens a speech at 7 p.m.
5. You meet your classmate.
6. A receptionist welcomes a guest at 10 a.m.
7. You part with a friend after school.
8. A TV presenter closes her evening’s program.
9. You end a conversation with a friend.
10. A Mommy takes her little son to bed.

a. Hello, Rena. Nice to see you again.
b. Thank you for joining us. Good night.
c. Sorry. I really must go now.
d. Good afternoon, ma’am.
e. Good morning, class.
f. Good evening, ladies and gentlemen.
g. Good morning, sir.
h. Good night. Sweet dream.
i. How are you today?
j. Bye. See you tomorrow.

Make simple dialogue about greeting

Interview Your Partner
Create questions to ask your partner:
1.      1. is / what / name / your ?                                                                                                                  
Partner's Response:                                                                                                                             
2.      2. old / you / are / how ?                                                                                                                     
Partner's Response:                                                                                                                             
3.      3. do / live / you / where ?                                                                                                                  
Partner's Response:                                                                                                                             
4.      4. from / where / are / you ?                                                                                                               
Partner's Response:                                                                                                                             
5.      5. brothers / sisters / got / or / you / have ?                                                                                          
Partner's Response:                                                                                                                             
6.      6. any / have / got / pets / you ?                                                                                                          
Partner's Response:                                                                                                                             
7.      7. speak / languages / how / many / you / do ?                                                                                    
Partner's Response:                                                                                                                             
8.      8. sports / play / you / do / any ?                                                                                                         
Partner's Response:                                                                                                                             
9.      9. to / do / what / like / you / do ?                                                                                                       
Partner's Response:                                                                                                                             
10.  10. jobs / parents' / your / are / what ?                                                                                                
Partner's Response:                                                                                                                             

3.      Kunci Jawaban.
   Penilaian 
Bagian A: Penilaian Wiriting

No
Content
(25)
Grammar
(25)
Spelling
(20)
Punctuation
(15)
Neatness
(15)
Score








Bagian B: (Jumlah Benar)X10= 100

Mengetahui                                                                                         Pemalang, Juli  2013
Kepala SMK Texmaco Pemalang                                                       Guru Mapel





Marzuki, ST                                                                                        Noor Ita Yulinda, S.Pd..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar