Minggu, 11 Oktober 2015

RPP MEMBERIKAN PUJIAN




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                                   : SMK Texmaco Pemalang
Mata Pelajaran                        : Bahasa Inggris
Kelas/ Semester                       : X / 1
Materi Pokok                          : Giving Compliment
Alokasi Waktu                        : 1x JP (2x45)

A.    Kompetensi Inti
1 : Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya
2 :Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),  santun, responsif dan pro-aktif  dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3 : Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4 : Mengolah, menalar,  dan menyaji  dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu  menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator

Kompetensi Dasar
Indikator pencapaian kompetensi
1.1 Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya

2.1.  Mengembangkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi antar pribadi dengan guru dan teman.
2.2.  Mengembangkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
2.3.  Mengembangkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional.
-                 Memberi dan menjawab salam yang diberikan guru dan teman dengan baik.
-                  
-                 Terlibat aktif  dalam pembelajaran “giving compliment ”

-                 Percaya diri dalam menerapkan dan merespond expresi “giving compliment ”secara lisan

-                 Bekerjasama dalam kegiatan berkelompok
-                  
3.1     Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan memuji bersayap, serta responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya.

Menemukan ungkapan yang tepat yang digunakan untuk memberikan pujian kepada seseorang
Menerapkan ungkapan yang tepat untuk memberikan pujian kepada seseorang
4.1    Menyusun teks lisan dan tulis untuk mengucapkan dan merespon pujian bersayap, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.



Menggunakan ungkapan yang tepat untuk merespon dialog “giving compliment”

Menggunakan struktur teks yang tepat  dalam menyusun dialog giving compliment

Mendemonstrasikan dialog giving compliment dengan ungkapan, intonasi dan pengucapan yang tepat 

C.     Tujuan Pembelajaran
1.               Siswa dapat menggunakan ungkapan yang tepat untuk memberikan pujian dan meresponnya  dalam dialog giving compliment (memberikan pujian)
2.               Siswa dapat menggunakan struktur teks yang tepat dalam menyusun dialog giving compliment
3.               Siswa dapat mendemonstrasikan dialog giving compliment dengan ungkapan, intonasi dan pengucapan yang tepat 
4.               Siswa dapat menerapkan ungkapan giving compliment dalam kehidupan sehari-hari.

D.    Materi

Expression Of  Giving  Compliment
Giving  Compliments
—That’s a very nice …(dress).
—Great job on the …(presentation).
—You look very good in … (that new hair-do).
—This dish is delicious, my compliments to the chef.
—That … (tie) looks great on you.

Responses to compliments
—How kind of you to say so.
—Thank you.
—I’m glad you like it.
—It was nothing really. (an expression of modesty and humility)

Learn the other expressions used for giving compliments to others. Practice by saying them loudly.
—Your performance on the stage is amazing.
—How wonderful to listen to  your  great voice.
—How mar vellous .
—Great ! (You look great) / Great for  you.
—Terrific ! (Hey, that’s terrific !)
—Fantastic!
—Smashing.
—That’s really remarkable /well  done.
Now, learn the expressions  use for responding to compliments.

—It’s very kind of you to say so.
—Thank you.
—I can say how pleased (delighted) I am.
—I’m delighted  to hear  that.
—Thank for your compliment.

E.     Model/Metode Pembelajaran
1.   Pendekatan: scientific
2.   Strategi: observe – practice.
3.   Metode: Inquiry learning.

F.      Alat/Media/Sumber Pembelajaran
a. Lembar Kerja
b. Lembar Penilaian
c. Laptop dan Infocus
d. Slide and Film
Sumber Pembelajaran
a. Kamus manual dan elektronik
b. Buku Bahasa Inggris yang relevan

G.    Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
Guru masuk ke kelas dan langsung menyapa menggunakan bahasa Inggris agar English Environment dapat langsung tercipta.
 Guru mengisi agenda mengajar dan mengabsen siswa.
Guru memberikan pertanyaan berupa materi yang sudah disampaikan sebelumny
Guru menyampaikan tujuan dan manfaat pembelajaran
10 menit
Kegiatan Inti
a.       Mengamati
  Siswa melakukan pengamatan video tentang “Ten famous compliment" selanjutnya menganalisis beberapa ungkapan yang digunakan dalam video tersebut.

 b. Menanya
  Siswa diberi kesempatan untuk mengajukan pertanyaan yang terkait dengan ungkapan yang digunakan dalam dialog giving compliment.
c. Mencoba
  Siswa membaca dialog giving compliment dan  menjawab dengan memperhatikan isi teks, fungsi sosial, struktur teks, unsur kebahasaan, maupun format penyampaian/penulisannya.
d. Mengasosiasi
   Siswa menuliskan compliment yang ditujukan kepada teman sekelasnya dalam potongan kertas kecil.
 Guru membaca hasil compliment setiap siswa dan memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengamati dan memberi komentar atas jawaban temannya.
  Siswa yang diberi compliment harus  merespon secara benar.( contoh “To: raisya, Raisya, you are smart in writing), raisya merespon: thanks you have made my day!)
  Guru menampilkan beberapa kata dan melengkapinya dengan kata-kata yang sudah dimiliki siswa.

Menalar
  Siswa membuat dialog secara berpasangan
  Selama siswa bekerja di dalam pasangan, guru memperhatikan dan mendorong siswa semua untuk terlibat dalam diskusi.
  Setiap pasangan menukarkan hasil dialognya kepada kelompok pasangan lainnya untuk menilai.
  Guru mengumpulkan hasil penilaian kelompok pasangan.

Jejaring
  Siswa mendemonstrasikan penggunaan pemaparan compliment secara lisan dan tertulis di kelas dengan memperhatikan fungsi sosial, ungkapan, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai dengan konteks
   Siswa diberi tugas menuliskan dialog giving compliment dan mengirimkannya ke email guru.
  Siswa diberi tugas merekam dialog dengan situasional.




70 menit
Penutup
  Guru memberikan pertanyaan untuk mengetahui apakah siswa sudah memahami topik tentang ungkapan-ungkapan compliment dalam dialog tentang ungkapan memuji bersayap.
  Siswa diminta membuat kesimpulan pembelajaran pada pertemuan ini.
  Siswa diberi tugas untuk membaca berbagai sumber, mencatat, mengerjakan latihan unsur-unsur bahasa yang sudah diterangkan.
10    menit

H.    Penilaian
1.      Teknik Penilaian      : Pengamatan dan Tes tertulis
2.      Instrumen Penilaian
a.      Tes tertulis
A.     Observe the dialogue below and Fill in the table below:::
Anonymous:
Hello, dear friends!
I'm studying linguistics at the moment in the University of Moscow, Russia. Would you be so kind to answer some of my questions, that will help me very much in my final work research!!!
I. You want to compliment your friend. What would you say in the situations as follows and what she/he could answer?
1) You friend is wearing a new suit.
You: __________________
She/He: __________________
2) Your friend has had a new hairdo.
You:________________________
She/He: ___________________
3) You are visiting your friend’s house / flat for the first time.
You: _________________
She/He: ___________
4) Your friend has played the piano for you.
You:___________________
She/He:_________________
5) Your friend has made an interesting public talk.
You:________________________
She/He: ______________________

2. Do you compliment other people
often __
seldom __
sometimes __
never __
Tick your answer.

3. Do you think complimenting is typical for English communication?
Yes __ No ___ It is difficult to say __ Tick your answer.

Exercises
Choose A, B, C, or D as the best answer.
1. Alan : Did you know ? Jack got 10 for his English.
Bill : Wow ! ......................
a. I’m sorry to hear that. C. How are you ?
b. Yes, he is.                   d. How intelligent.

2. Peter : Look at the preety girl over there.
John : .........................
a. Wow. How beautiful she is.
b. How old are you ?
c. Are you very tired ?
d. Did you come here yesterday ?

3. Anna : Are you doing your homework tommorow ?
Nisa : No, I’m not. I did it two days ago.
Anna : Really ? ........................
a. How nice it is.
b. How quickly you did it !
c. How are you today ?
d. Let’s go to the canteen.

4. Ratih : How often does Steven practise his English ?
Tony : He practises English every day.
Ratih : Oh, really ? .............................
a. What do you do ?              c.. You are dilligent.
b. What a diligent student!   d. I like English.

5. Nadia : What are you doing this weekend ?
Linda : I’m going to the beach with my friends.
Nadia : ............................
a. How tall you are.   c. How beautiful she is.
b. What did they do?            d. What an interesting plan.

6. Linda : I’m very hungry.
Mila : Why don’t you eat this bread ?
Nadia : ..............................
a. What delicious bread.       c. It is bread.
b. How much is the cake ?
d. Do you always buy the food ?

7. Lissa : The students always arrive early in the morning at school every day.
Bella : They are never late.
Aulia : Do they ? ..............................
a. How nice you are.
b. What dilligent students.
c. The students are very tall.
d. Our English teacher is very smart.

8. Look at the baby .................
a. My friend has got a baby boy.
b. It is very hot outside.
c. He is so cute.
d. Does she have a baby ?

9. Paul : Have you read this novel ?
Eric : Yes, I have. I’d love it. ..................
a. How diligent you are.
b. Do you have any money ?
c. How often do you go to the bookstore ?
d. It is such an interesting novel !

10. Anton : How was the food ?
Lina : .............................
a. It was such delicious food.            c. No, I don’t.
b. Yes, of course.                   d. I’m afraid I can’t

3.      Kunci Jawaban.

Part A
1. You look very nice in that new suit.           Respond: Thank, I’m glad you like that        
2. You are so cool  with your new hair.          Respond: Thank, I’m glad you like it
3. Wow, what a beautify flat you have.         Respond: It’s very kind of you to say so
4. What a talented pianist you are!                 Respond: It was nothing really
5. Congratulation, Good job on your speech  Respond: Thanks, you have made my day    

Part B.
1. D     2. A     3. B     4. B     5. D     6. A     7. B     8. C     9. D     10.A

   Penilaian 
Bagian A: Penilaian Wiriting

No
Content
(25)
Grammar
(25)
Spelling
(20)
Punctuation
(15)
Neatness
(15)
Score








Bagian B: (Jumlah Benar)X10= 100

Mengetahui                                                                                         Pemalang, Juli  2013
Kepala SMK Texmaco Pemalang                                                       Guru Mapel



Marzuki, ST                                                                                        Noor Ita Yulinda, S.Pd.

1 komentar:

  1. Slot Machines - MapyRO
    View maps and realtime driving directions to Slot Machines, 12 시흥 출장샵 Casino 안양 출장마사지 Drive, Las Vegas, based on live 속초 출장샵 traffic updates and road conditions – from  구리 출장마사지 Rating: 3 · ‎11 votes 광명 출장안마

    BalasHapus